Thursday 17 April 2014

OSI LAYER



Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Standardization for Organization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.
Terdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggungjawab secara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya selama proses transfer data berlangsung.
  




PHYSICAL LAYER
Lapisan fisik (Physical Layer) merupakan lapisan dasar dari semua jaringan dalam model referensi OSI dimana lapisan ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal data analog maupun digital. Physical layer menggerakkan arus bit (sinyal) dari satu titik ke titik lain melintas melalui penghantar, dalam hal ini kabel network, mulai dari transmitter (perangkat yang mengirimkan sinyal) dan berhenti pada receiver (perangkat yang menerima sinyal). 

DATA LINK LAYER 
Lapisan data-link (Data Link Layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik

NETWORK LAYER
Lapisan jaringan (Network layer) adalah lapisan ketiga dari model referensi jaringan terbuka OSI. Lapisan ini bertanggung jawab untuk melakukan beberapa fungsi, yaitu berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan Router dan Switch layer-3 (Switch Manage)

TRANSPORT LAYER 
Lapisan transport (Transport Layer) adalah lapisan keempat dari model referensi jaringan terbuka OSI. Lapisan transpor bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak di atasnya.

SESSION LAYER
Lapisan Session (Session layer) adalah lapisan kelima dari model referensi jaringan terbuka OSI, yang mengizinkan sesi koneksi antara node dalam sebuah jaringan dibuat atau dihancurkan.

PRESENTATION LAYER
Lapisan presentasi (Presentation Layer) adalah lapisan keenam dari model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

APPLICATION LAYER
Lapisan aplikasi (Application Layer) adalah lapisan ketujuhdari model referensi jaringan terbuka OSI. Pada layar ini berurusan dengan program komputer yang digunakan oleh user.program komputer yang berhubungan hanya program yang melakukan akses jaringan,tetapi bila yang tidak berarti tidak terhubung dengan OSI

No comments:

Post a Comment

 

Mega Pramita Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez