Sunday 1 July 2012

Perbandingan 3 Produk Google dengan Yahoo


Tugas Lab. Internet Dasar
1. EMAIL

Gmail
Gmail merupakan produk penyedia surat elektronik (email) milik Google. Jika dilihat dari segi kecepatan harus di akui jika Gmail lebih cepat sehingga tidak perlu lagi untuk me-refresh halaman utama untuk melihat apakah ada email masuk atau tidak. Namun Gmail memiliki kapasitas penyimpanan atau storage email yang terbatas. Tampilan iklan memang merupakan hal yang biasa pada fasilitas gratisan, di Gmail tampilan iklan dibatasi hanya berupa pesan teks saja. Untuk Gmail user dapat menggunakannya secara independent, tak terhubung ke internet atau mengakses dekstop melalui software email berupa Outlook, Windows Mail atau Apple Mail.

Ymail
Ymail (Yahoo Mail) adalah produk email keluaran Yahoo. Ymail memiliki kecepatan yang lebih lambat dibandingkan Gmail sehingga perlu me-refresh kembali apakah ada email masuk atau tidak. Ymail mendapatkan nilai plus karena  memberikan keleluasan kepada pengguna untuk kapasitas penyimpanan tidak terbatas. Pada Ymail sering muncul iklan gambar yang mencolok sehingga dapat menganggu kenyamanan pengguna. Untuk tampilan Yahoo mail lebih user friendly dibandingkan Gmail dan sangat mudah di pelajari oleh orang awam sekalipun.



2. MESSENGER

GTalk

Google Talk atau yang biasa di singkat GTalk adalah aplikasi instant messanging dan VoIP berbasis dekstop maupun web milik Google yang bisa di gunakan oleh seluruh pemilik account Google, baik dengan domain gmail.com maupun domain yang di gunakan untuk integrasi dengan GoogleApps. Instant messaging Google Talk menggunakan protokol XXMP/Jabber untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna GTalk. Saat ini GTalk sudah tersedia untuk platform Windows,Mac OS X,Blackberry and Android.

YM
Yahoo Messenger atau sering disingkat dengan “Y!M” atau “YM” adalah sebuah program yang dikembangkan oleh Yahoo untuk memudahkan pengguna internet dalam pengiriman pesan instan. Dapat pula dijuluki sebagai program pengirim instan. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat di download/diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.



3. PHOTO

Picassa
Picasa adalah perangkat lunak image viewer dari Google yang dapat kita unduh secara gratis. Selain sebagai image viewer, Picasa juga memiliki fitur image editing standard yang dapat anda gunakan untuk mengedit gambar-gambar anda seperti memperbaiki komposisi warna, memberikan effect, membuat photo collage, membuat poster, membuat menjadi album CD, dan lain-lain. Special bagi anda para blogger di blogspot, Picasa memiliki fitur upload langsung ke blog anda atau upload ke Picasa Web Album anda (khusus bagi anda yang mempunya account google dan telah sign-up ke Picasa Web Album). Bisa dikatakan Picasa Web Album ini adalah image hostingnya google.

Flickr
Flickr merupakan situs untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Flickr memperbolehkan para pengirim gambar untuk memberikan kategori dengan menggunakan Tag yang mempermudah para pencari gambar dalam mencari gambar berdasarkan topik tertentu seperti nama tempat. Flickr menyediakan akses yang cepat dalam mengakses gambar yang diberi tag dengan kata yang paling populer.



sumber:
http://usahasuksesmandiri.blogspot.com/2011/12/perbedaan-yahoo-mail-dan-gmail.html
http://www.kursusprivat.com/artikel.php?id=267&title=Definisi:-Empathy,-Gadu-Gadu,-Google-Talk-kursus-komputer-privat
http://imtaq.com/apa-itu-yahoo-messenger/
http://smartistik.wordpress.com/2011/03/04/picasa-image-viewer-gratis-dari-google/#more-191
http://id.wikipedia.org/wiki/Flickr

No comments:

Post a Comment

 

Mega Pramita Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez