Tuesday 17 March 2015

Tugas Kasus 2-1 Apakah Klasifikasi Akuntansi Telah Ketinggalan Zaman?


1. Soal : 
Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini ? Apakah usaha – usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman?

Jawab : 
Saya kurang setuju dengan pendapat Cairn yang mengatakan bahwa akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan saat ini. Dalam perkembangannya saat ini akuntansi sudah sangat luas cakupannya. untuk klasifikasi sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui suatu sistem mempunyai kesamaan atau perbedaan. Dengan adanya perbandingan prinsip yang berbeda disetiap negara sudah dapat memberikan informasi dan latar belakang budaya dalam pengambilan keputusan.


2. Soal :
Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan dikalangan perusahaan "kelas dunia" - perusahan-perusahaan multinasional terbesar didunia dan khususnya yang mencatatkan sahamnya dibursa efek utama seperti London, New York, Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Jawab :
Menurut pendapat saya, pernyataan diatas kurang relevan karena perusahaan multinasional semakin menyesuaikan laporan keuangan mereka untuk pengguna di seluruh dunia sebagai sarana informasi. Faktor yang sangat berpengaruh dalam hal penyampaian informasi ini adalah tingkat teknologi, ekonomi dan budaya yang semakin maju di setiap negara.

No comments:

Post a Comment

 

Mega Pramita Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez